Rabu, 09 Januari 2013

5 Keutamaan Sedekah






Sedekah memiliki sejumlah keutamaan dan keistimewaan. Dalam Surah At-Taubah ([9]: 103), sedekah bertujuan untuk menyucikan harta dan diri muzaki agar menjadi penenteram batin mereka. Dalam sejumlah hadis, Rasulullah SAW menyatakan, sedekah itu merupakan bukti keimanan seseorang dan mereka yang bersedekah akan memperoleh pahala yang besar di sisi Allah SWT (HR Al-Baihaqi).



Di antara keutamaan sedekah, antara lain:

1.    Orang yang bersedekah berhak mendapat rahmat Allah (QS al-A’raf [7]: 56)

Sedekah akan menjadi naungan di akhirat saat tidak ada naungan, kecuali naungan Allah.

“Sesungguhnya, sedekah itu memadamkan panasnya kubur dan hanyalah seorang Mukmin yang mendapatkan naungan pada hari kiamat nanti dengan sedekahnya.”
(HR Thabrani dan Baihaqi).

2. Sedekah memadamkan murka Ilahi
 

“Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi."'
(HR Thabrani dan Ibnu Asakir). 

3. Sedekah  menolak mati dalam keadaan Suul Khatimah (akhir yang buruk).

Akhlak buruk adalah kejelekan, kuat ingatan adalah mengembangkan, dan sedekah menolak mati suul khatimah.” (HR al- Baihaqi).

4. Sedekah menjadi sebab disembuhkannya penyakit

“Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah, bentengilah hartamu dengan zakat, dan sesungguhnya zakat itu menolak peristiwa mengerikan dan penyakit.” (HR Ad-Dailami dari Ibnu Umar).

5. Sedekah itu akan mendapatkan keberkahan dalam hidup dan tambahan rezeki

“Barang siapa menafkahkan hartanya maka akan diberi keberkahan darinya.” Dalam hadis lain disebutkan, “Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya.”  (HR Muslim).



Sedekah merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT :). Sedekah merupakan wujud syukur atas nikmat yang selalu tiada hentinya Allah berikan kepada umatnya. Allah menjanjikan akan menambah nikmat bagi hamba-hamba-Nya yang rajin bersedekah :). Yuk mulai dari sekarang biasakan diri kita untuk ikhlas bersedekah :).

Sedekah merupakan investasi kedepan untuk tabungan akhirat kita lhooo .... hehehe :)

Hayooo .. siapa yang tidak ingin tabungan akhiratnya banyak ???? :P





Tidak ada komentar:

Posting Komentar