Selasa, 14 Mei 2013

Parallel Computing


Monte Carlo Simulation


Monte Carlo Simulation ……???? Apaan tuh ????
Pasti penemunya si Monte Carlo ………!!!!! :D

Biasanya dalam bidang sains dan teknologi, sebuah penemuan diberi nama sesuai dengan penemunya, contoh: Bilangan Avogadro (oleh Amedeo Avogadro), Mesin diesel (oleh Rudolf Diesel), Konstanta Planck (oleh Max Planck), dan lain-lain. Itulah sebabnya kenapa saya pikir monte carlo simulation merupakan simulasi yang dilahirkan dari seseorang bernama Monte Carlo...hehehe....Namun ternyata saya salah X_X.
Ternyata usut punya usut dalam sejarahnya, istilah ’monte carlo’ pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh Compte de Buffon. OOOOO..... Si Compte de Buffon toh ... hihihi :D
Jadi sejarahnya, sistem simulasi monte carlo ini pertama kali  mulai digunakan saat Perang Dunia II saat masa pengembangan bom atom yang merupakan nama kode dari simulasi nuclear fission. S.ulam dan J.von neumann lah yang memperkenalkannya secara nyata kala itu.

Compte de Buffon

Dalam perkembangannya, simulasi monte carlo dikenal dengan istilah Sampling Simulation atau Monte Carlo Sampling Technique. Simulasi ini menggunakan data sampling yang udah ada dan udah diketahui distribusi datanya.

Apabila suatu sistem mengandung unsur elemen yang mempunyai faktor kemungkinan x, maka model yang digunakan adalah model monte carlo. Mengapa saya bisa bilang begitu ??? Karena simulasi monte carlo merupakan model yang digunakan untuk  mensimulasikan keadaan suatu sistem yang memiliki ketidakpastian. Nilai rata-rata harapan dari sistem tersebut dapat diperkirakan melalui serangkaian percobaan/eksperimen yang nantinya akan dicoba.

Apa ya dasar dari simulasi monte carlo???

Dasar dari simulasi monte carlo ini adalah percobaan elemen kemungkinan dengan ngelibatin semua penggunaan angka random (acak) untuk memodelkan sistemnya. Angka random ini ternyata berbeda-beda, tapi harus tetap sesuai dengan distribusi probabilitas yang bersangkutan. Dalam simulasi monte carlo, waktu tidak berperan secara substansif. Jadi bisa dibilang sistem pada simulasi monte carlo ini merupakan model yang statis.

Metode pada simulasi monte carlo terbagi dalam 5 tahapan, Apa aja ya???????
Cekidot ..............
  1. Membuat distribusi kemungkinan.
  2. Membuat distribusi kemungkinan kumulatif (beda loh dari tahapan yang pertama)
  3. Menentukan batas angka random.
  4. Membuat angka randomnya .
  5. Membuat simulasi dari rangkaian eksperimen dengan mengambil angka random yang udah ada.

Demikian sekilas artikel tentang Monte Casrlo Simulation....semoga bermanfaat dan bisa
nambah pengetahuan yah :D

Referensi :

  1. novtani.wordpress.com/2012/06/01/permodelan-dan-simulasi-monte-carlo/
  2. staff.blog.ui.ac.id/komarudin74/2012/02/28/penjual-pepaya-dan-simulasi-monte-carlo/
  3. sutanto.staff.uns.ac.id/files/2009/03/model-simulasi-monte-carlo.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar