Senin, 12 November 2012


Trend Kecantikan Sulam Alis dan Bibir, 
Namun Halalkah ??


Wajah cantik, sedap dipandang mata, jadi dambaan setiap wanita. Karena  bagi wanita, wajah merupakan bagian utama yang menunjang penampilan.Namun tidak semua wanita puas akan bentuk wajahnya. Mereka merasa bentuk alis, bibir, ataupun matanya masih kurang sempurna, hingga mengurangi rasa percaya diri.
 Lazimnya, bentuk wajah yang kurang bisa dikoreksi dengan tampilan make up. Sayangnya, cara ini tidak memberikan hasil permanen. Apalagi jika tidak dilakukan dengan benar, make up justru mengurangi keindahan wajah.
Sulam alis dan sulam bibir diminati wanita karena dinilai mampu mengoreksi kekurangan. Jutaan rupiah pun dikeluarkan demi kecantikan. Bagaimana Islam memandangnya? Apakah hal ini termasuk perbuatan merubah ciptaan Allah SWT?
Untuk lebih jelasnya, akan coba saya jelaskan apa sebenarnya sulam alis dan sulam bibir itu dan bagaimana prosesnya.

SULAM ALIS

Prinsip sulam alis terbilang cukup sederhana dan berfungsi layaknya hair extension yang mampu menggantikan alis-alis rambut, menyisipkannya di tengah-tengah rambut alis asli dan membuatnya terlihat lebih tebal sekaligus alami.

Ada satu teknik dipilih yaitu kreatif tiga dimensi. Teknik ini sama seperti sulam alis yang telah muncul terlebih dahulu. Hanya saja, teknik ini membuat alis yang terbentuk terlihat sangat alami seperti bulu-bulu alis. Bentuk alis mata lebih berdimensi, tebal dan tipisnya mendekati alis aslinya. Teknik ini juga memberikan lengkung alis mata yang ideal dan bisa bertahan hingga 2 tahun. Padahal proses pengerjaannya hanya waktu 45 menit sampai 1 jam.

Teknik sulam alis menggunakan alat khusus (embriodery machine) yang menghasilkan garis salur-salur di bagian epidermis atau kulit bagian luar. Alat ini memiliki pensil unik yang bisa bergerak dengan kecepatan tinggi untuk menggambar alis sesuai dengan yang diinginkan. Pada ujung alat tersebut telah dioleskan tinta khusus yang terbuat dari bahan-bahan alami dan berfungsi sebagai pewarna. Tinta ini juga dapat disesuaikan dengan warna alis yang asli. Dan inilah yang membuat sulam alis terlihat lebih alami dan lebih populer dibandingkan tato alis.


SULAM BIBIR

Banyak wanita mengandalkan lipstik untuk menonjolkan eksotika bibir. Bagi yang tak mau repot atau tak mahir menjadikan bibir sebagai 'kanvas', sulam bibir muncul sebagai alternatif praktis.

Sulam bibir merupakan metode kecantikan teranyar untuk menyempurnakan bentuk bibir atau garis bibir yang mungkin tidak asimetris. Sekaligus memberikan rona bibir lebih permanen tanpa perlu memulaskan lipstik berulang.

Pada proses sulam bibir kristal ini diakui pasien tidak akan merasakan sakit pada saat prosesnya. Biasanya ketahanan treatment sulam bibir ini dapat bertahan hingga 6 hingga 8 bulan lamanya. Harga yang ditawarkan pada perawatan bibir ini sangatlah bervariatif, berkisar mulai dari Rp. 1,5 - 2,5 juta. Biasanya bergantung terhadap harga yang ditawarkan oleh klinik kecantikan atau dokter yang melakukan perawatan.



Sulam alis atau tato alis / sulam bibir menurut Madzhab Syafiiyah hukumnya HARAM, karena mengandung beberapa unsur larangan, antara lain:
  • Taghyir li kholqillah (Merubah ciptaan Allah SWT). 
  • An-Namshu (Mencukur Alis) untuk memperindah. 
  • Al-Wasymu (Tatto). 
  • Jarhu li ghoiri al-hajat al-mathlubah (Melukai bukan dalam rangka hajat).

Catatan:

  • Menurut Imam al-Adawi dari kalangan Madzhab Malikiyah, larangan dalam hadits Rasulullah Saw khusus bagi wanita yang sedang mengalami iddatul wafat (waktu tunggu karena suaminya meninggal dunia)  dan wanita yang suaminya tidak jelas kabarnya (mafqud).
  • Sulam alis  atau tato alis dengan tujuan / motif mengikuti trend (tazyin li al-ajanib) menurut Madzhab Syafi'iyah dan Malikiyah adalah haram.

REFERENSI
1. Is'ad ar-Rofiq, Juz 2, hlm. 123
5. Fath al-Mu'in & I'anah ath-Tholibin, Juz 4, hlm.199
2. Asna al-Matholib, Juz 1, hlm. 173
6. Hasyiyah al-'Adawi, Juz 2, hlm. 599
3. Fath al-Bari, Juz 10, hlm. 443
7. Al-Muntaqo, Juz 4, hlm. 368
4. Al-Mausu'ah al-Fiqhiyyah, Juz 14, hlm. 81
8. Al-Mausu'ah al-Fiqhiyah,  juz 11, hlm. 273


Sumber :



Saya mengerti benar arti pentingnya penampilan bagi seorang wanita, karena saya sendiripun dilahirkan sebagai sesosok wanita :). Namun untuk menunjang kecantikan penampilan menurut saya tidak harus merubah kodrat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk  menutupi  kekurangan kita dalam penampilan tanpa harus merubahnya, apalagi jika hal itu sudah jelas bertentangan dengan ajaran keyakinan kita.

Kecantikan sesungguhnya yang diberikan oleh Sang Pencipta kita jauh lebih bagus dan lebih indah dari buatan tangan lain :). Selain harus mengeluarkan banyak pundi-pundi rupiah untuk merubah penampilan, belum tentu apa yang diubah akan tampak lebih bagus atau sesuai dengan yang diharapkan. Mungkin pada awalnya terlihat lebih bagus, namun belum tentu aman untuk jangka waktu mendatang. Kita tidak punya jaminan apakah sulam alis ataupun sulam bibir tidak menimbulkan efek atau resiko apapun dikemudian hari. Walaupun semuanya itu kembali lagi pada penilaian dan pilihan masing-masing orang, tapi ada baiknya dipikirkan matang-matang ya ladies … :) . Karena siap berbuat harus juga siap menerima segala resiko yang mungkin dapat terjadi.

Apa yang telah diberikan oleh Allah SWT sudah selayaknya untuk disyukuri dan dijaga, jangan justru diubah. Jika kita hanya menuruti kepuasan demi terlihat sempurna di kehidupan duniawi  tidak akan pernah ada kata ‘puas’. Karena manusia memang memiliki sifat ‘tidak pernah merasa puas’ dengan apa yang telah didapatnya. Semoga kita termasuk orang-orang yang pandai mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT ... Aamiin :)

3 komentar:

  1. Cream Penghilang tattoo Sulam alis /bibir Permanent.
    Cream Penghapus tinta tattoo permanent ini membantu menggangkat tinta tinta pada alis yang ingin anda hilangkan.

    Cream Penghapus Sulam ALis Permanent.
    Bahan Herbal Resep dari Dokter Kulit , Cepat Meresap tanpa menimbulkan iritasi pada kulit
    Cream Tersebut mampu memudarkan Sulam alis Tattoo Di area wajah.

    Ramuan Cream Penghapus Sulam Alis ini berkerja bertahap untuk proses Pengangkatan tinta tattoo pada alis, jadi tidak akan merusak kulit , jika anda pemakaiannya Rutin Sulam alis anda Akan Hilang Total dan anda dapat membaharui sulam alis anda yang baru.
    HUB AMBAR WIJAYA.081382474900 / 081224623525
    PIN BBM,2A71C0DD / 5179BFFB
    LIHAT WEB KAMI.
    www.caramenghilangkansulam.com /www.ambarshops.blogsport.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam. Saya ada buat sulam alis bibir mata. Minta wsap saya dgn kadar segera untuk krim menghilangkan sebab apa yg saya baca haram hukumnya. Insyallah saya mahu ke mekah tahun depan. Minta jasa baik segera hubungi saya. 0192806526

      Hapus