Minggu, 28 November 2010

Eat Right, Skin Bright

Sebagian besar ahli sepakat bahwa mengaplikasikan pola makan yang seimbang merupakan kunci kesehatan kulit. Meski demikian, beberapa makanan memiliki khasiat yang lebih dahsyat terhadap penampilan kulit yang lebih sehat dan bercahaya. “Ketika kebutuhan dasar tubuh akan makanan bernutrisi terpenuhi, tentunya hal ini akan terlihat pada pada penampilan luar tubuh kita. Namun yang juga perlu diperhatikan adalah adanya faktor luar yang membuat tubuh kita memerlukan beberapa nutrisi dalam jumlah ekstra,” ujar Dr.Indrawati Widjadja, SpKK dari Erha Institute. Untuk itu, coba masukkan pilihan makanan di bawah ini.

1. VITAMIN A

Salah satu komponen kulit sehat yang paling utama adalah vitamin A yang fungsinya membantu perbaikan dan pemeliharaan sel-sel kulit. Salah satu tanda kekurangan vitamin A yang bisa dilihat adalah kulit yang kering dan cenderung bersisik.

Makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah wortel, brokoli, ubi merah, bayam, cantaloupe (melon oranye) dan produk susu.


2. ANTIOKSIDAN

Antioksidan adalah bahan kimia ’pintar’ yang dapat melindungi sel tubuh dari ancaman luar, seperti sinar matahari, gesekan angin dan temperatur yang kurang bersahabat. Antioksidan juga dapat melindungi tubuh dari ancaman yang datangnya dari dalam tubuh kita sendiri, seperti kelebihan produksi oksigen dan ketidakseimbangan hormon.

Peran spesifik antioksidan adalah untuk memerangi radikal bebas, sel-sel tidak stabil yang ‘barulah’ merusak kulit dan struktur sel di bagian-bagian tubuh dimana ia berada.

Buah-buahan, sayur-sayuran dan sereal adalah sumber antioksidan yang baik. Untuk memperoleh asupan antioksidan yang optimal, pilih pangan yang kandungan antioksidan yang tinggi, seperti stroberi, blueberry, cherry, walnut, biji matahari, delima dan teh hijau.



3. PROTEIN

Protein merupakan salah satu kebutuhan utama tubuh selain karbohidrat dan lemak. Konsumsi protein sangat dianjurkan dalam pola makan sehari-hari. Kekurangan protein dapat mengurangi elastisitas kulit. Salah satu bagian dari protein yakni kolagen, yang memang memegang peranan penting dalam struktur sel kulit.


4. PROBIOTIK

Mengonsumsi probiotik adalah salah satu cara terbaik untuk memperbaiki ketidakseimbangan kimiawi yang kadang terjadi di dalam lambung ketika Anda mengalami stres. Probiotik merupakan bakteri baik dalam saluran pencernaan yang membantu kesehatan saluran cerna, meningkatkan kekebalannya, dan mencegah terjadinya alergi. Salah satu sumber probiotik adalah yougurt. Konsumsi probiotik dipercaya mampu memperbaiki keseimbangan mikroflora yang terdapat di permukaan kulit, yang akhirnya membantu organ ini memerangi efek-efek penuaan dini.


5. OMEGA 3

Omega 3 adalah asam lemak yang masuk kategori lemak baik. Secara umum, asam lemak esensial ini bertanggung jawab terhadap reparasi sel kulit, serta menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Konsumsi Omega 3 membantu penyaluran nutrisi ke sel-sel kulit dan pembuangan zat racun dari dalam tubuh. Kulit wajah yang kerap dihinggapi komedo juga bisa diatasi dengan konsumsi Omega 3 yang mencukupi.

Sayangnya, tubuh kita tidak bisa memproduksi asam lemak esensial ini. Omega 3 hanya dapat diperoleh dari makanan contohnya, seperti ikan salmon, walnut dan minyak kanola.



6. SELENIUM

Mineral yang satu ini memiliki kontribusi yang cukup penting pada penampilan kulit. Riset yang dilakukan sejumlah peneliti di Perancis menemukan bahwa konsumsi oral selenium bersama mineral tembaga, vitamin E dan vitamin A dapat membuat kulit lebih tahan terhadap sengatan sinar matahari. Selenium bisa kita temukan dalam makanan yang menggunakan bahan tepung gandum utuh (whole grain), tuna, kalkun dan kacang brazil.



7. AIR

Saat kering, keelastisan kulit akan berkurang dan kulit akan lebih mudah dihinggapi kerutan. Selain itu kulit juga akan lebih rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi matahari atau asap rokok. Karena itu, menjaga kelembapan kulit adalah tugas yang penting dengan salah satu caranya yaitu banyak mengonsumsi air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar