Minggu, 28 November 2010

Kesenjangan Digital : Kelangkaan, Ketidaksetaraan dan Konflik


Partisipasi dalam aktivitas cyber atau dunia maya berkisar dari individu kepada institusi dimana orang-orang mengorganisir diri mereka ke dalam kelompok-kelompok sipil untuk membela kepentingan tertentu. Sebagai sebuah institusi, masyarakat sipil telah banyak disebut sebagai 'suatu lingkup kehidupan publik di luar kendali negara' (Cola 2002: 25), 'benteng melawan negara' yang (Keane 2002: 17), atau 'infrastruktur yang diperlukan untuk penyebaran demokrasi dan pembangunan '(et al Anheir 2001: 3.). Internet telah menjadi sentral dalam proses keterlibatan masyarakat sipil di tingkat nasional dan global (lihat Bab 8).menarik contoh organisasi sipil yang berjuang untuk meminta pertanggungjawaban kepada warga menggunakan Internet meliputi, AS Jaringan Hak Asasi Manusia (USA), Dewan Muslim Inggris (Inggris), Australia Dewan Perempuan dan Perpolisian (Australia) dan Kubatana Civic Jaringan ( Zimbabwe). Pada tingkat global, masyarakat sipil juga telah menggunakan Internet untuk jaringan dan memobilisasi anggota terhadap keputusan-keputusan antar-negara tertentu yang menentukan kebijakan global yang mempengaruhi kehidupan masyarakat di tingkat nasional (lihat Nakal 2001; Aronson 2001). Sebagai contoh, organisasi seperti Amnesty International, Green Peace dan Forum Internasional tentang Globalisasi ekstensif menggunakan Internet sebagai bagian dari cyberactivism mereka dan keterlibatan masyarakat dalam isu-isu seperti hak asasi manusia, lingkungan dan praktek-praktek globalisasi yang tidak adil. The Battle for Seattle protes terhadap WTO pada tahun 1999 dan gerakan solidaritas anti perang cyber-Irak di pos-September 11 (9 / 11) adalah beberapa contoh menarik dari perlawanan sipil dimana Internet berperan lebih besar dalam memobilisasi orang untuk melawan negara dan keputusan antar-negara.

Kesenjangan demokratis juga dipengaruhi oleh pihak lain dan membagi seperti membaca vs buta huruf, perkotaan vs pedesaan, pria vs wanita dan muda vs tua. Mengenai keaksaraan, di sisi salah satu membagi ada aktivis cyber yang mungkin memiliki akses fisik ke komputer dan melek informasi untuk memecahkan kode pesan politik, sementara di sisi lain mungkin ada orang-orang yang baik memiliki akses tetapi tidak memiliki kemampuan atau mereka yang tidak keduanya. Kesenjangan demokratis karena itu kompleks karena tidak hanya berakhir dengan akses atau kurangnya, tetapi juga menekankan literasi media yang, menurut James Potter, bukan hanya tentang keterlibatan aktif dengan pesan media di tingkat kognitif dan afektif, tetapi juga melibatkan komputer literasi dan literasi visual khususnya sebagai media dan teks media terus berkumpul di Internet dengan cara yang permintaan pembaca dan kecanggihan user (Potter 2001: 4-14). media berita dan organisasi sipil masih dalam proses belajar bagaimana memanfaatkan potensi penuh dari Internet sebagai media multimodal. Digital advokasi sehingga dapat dilihat sebagai sebuah proses yang masih dalam transisi sebagai 'organisasi yang masih belajar bagaimana menggunakan potensi Web untuk melakukan lebih dari sekedar bertindak sebagai bentuk statis pamflet elektronik atau poster' individu dan (Norris 2001: 190 ). Selain itu, Roger Fiddler berpendapat bahwa, karena kurangnya kecanggihan oleh komputer pribadi pengguna '... masih digunakan oleh kebanyakan orang sebagai sedikit lebih dari mesin ketik elektronik 'dan bahwa' bahkan dengan software yang user-friendly baru dan penambahan mouse, komputer pribadi tetap jelas tidak bersahabat '(Fiddler 1994: 32).

Demikian pula, kecanggihan pengguna dapat bervariasi menurut kelas, usia ras,, dan membagi pedesaan dan perkotaan dan hal ini percabangan pada kesenjangan demokratis.

Kesimpulan

Internet memang memilik peranan yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat khususnya pada era global saat ini .

Internet telah menjadi sentral dalam proses keterlibatan masyarakat sipil di tingkat nasional dan global.

Pada tingkat global, masyarakat sipil juga telah menggunakan Internet untuk jaringan dan memobilisasi anggota terhadap keputusan-keputusan antar-negara tertentu yang menentukan kebijakan global yang mempengaruhi kehidupan masyarakat di tingkat nasional.

Kesenjangan demokratis dipengaruhi karena pada salah satu sisi yang memungkin untuk memiliki akses ke komputer dan dapat dengan mudah memperoleh informasi , sementara di sisi lain mungkin ada orang-orang yang baik memiliki akses tetapi tidak memiliki kemampuan atau mereka yang tidak keduanya.

Kesenjangan demokratis sangatlah kompleks karena tidak hanya berakhir dengan akses atau kurangnya, tetapi juga menekankan literasi media yang, menurut James Potter, bukan hanya tentang keterlibatan aktif dengan pesan media di tingkat kognitif dan afektif, tetapi juga melibatkan komputer literasi dan literasi visual khususnya sebagai media. Demikian pula, kecanggihan pengguna dapat bervariasi menurut kelas, usia ras dan membagi pedesaan dan perkotaan dan hal ini percabangan pada kesenjangan demokratis.

Recomendasi Bacaan

Castells, Manuel (1999) The Information Age: Economy, Society and Culture. London:

Blackwell Publishers.

Hassan, Robert (2004) Media, Politics and the Network Society. Milton Keynes: Open

University Press.

Norris, Pippa (2001) Digital Divide: Civic Engagement, Information Poverty, and the

Internet Worldwide. Cambridge, USA: Cambridge University Press.

Servon, Lisa (2002) Redefining the Digital Divide: Technology, Community and Public

Policy. Malden, MA: Blackwell Publishers.

Wyatt, Sally et al. (eds) (2000) Technology and In/Equality: Questioning the Information

Society. London: Routledge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar