Minggu, 28 November 2010

MAKIN CERAH DENGAN OLAHRAGA

Banyak ahli menganjurkan olahraga rutin sebagai salah satu cara untuk tetap tampil awet muda, termasuk memiliki kulit yang sehat dan segar. “Bukan rahasia lagi kalau olahraga mempunyai manfaat besar untuk seluruh tubuh. Namun sering tidak disadari bahwa kulit adalah organ terbesar dalam tubuh kita, dan karenanya manfaat olahraga akan terlihat nyata di kulit,” ujar Audrey Kunin, MD, seorang dokter kulit.

Apa saja dampak positif olahraga untuk kulit kita ?

Ø MENINGKATKAN SIRKULASI DARAH dan distribusi nutrisi ke sel-sel kulit, dan membantu membuang zat racun dari dalam tubuh, seperti asap rokok, polusi udara, bahkan senyawa kimia yang kerap ditemukan dalam produk kecantikan seperti hairspray, deodorant atau shower gel. Semakin baik sirkulasi darah kita, semakin efektif pembuangan zat racun dalam tubuh.

Ø MEMBANTU PRODUKSI KOLAGEN, semacam jaringan pendukung yang mengisi sel kulit. Dengan berolahraga secara rutin, sel kulit akan cukup mendapatkan oksigen dan nutrisi-nutrisi penting lainnya. Kondisi ini sangat ideal untuk produksi kolagen.

Ø MENGURANGI JERAWAT. Bila kulit Anda rentan jerawat, maka olahraga sangatlah dianjurkan. Mengapa? Olahraga membantu mengontrol produksi hormon-hormon yang berhubungan dengan hormon testosteron seperti DHEA dan DHT. Hormon ini juga dikenal sebagai pemicu tumbuhnya jerawat. “Ada banyak bukti langsung yang menunjukkan bahwa ketika Anda berolahraga maka level stres Anda akan berkurang. Artinya, kelenjar adrenal akan kurang aktif memproduksi hormon tipe ini,” ujar David Berman, MD, dokter kulit dan bedah kosmetik di Berman Skin Institute, Palo Alto, California.

Ø MENGURANGI SELULIT. Olahraga tertentu, menurut Kunin dapat membantu mengurangi selulit yang kerap bercokol di bokong, paha belakang dan lengan bagian atas wanita. Selulit terbentuk saat jaringan fibroblast di dalam kulit tertarik dan membentuk gumpalan di kantung lemak. Dengan gerakan pembentukan dan peregangan otot melalui latihan seperti Pilates atau latihan beban, proses tersebut bisa dibalik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar